Get Adobe Flash player

launching jdih

Tampilan Website Resmi JDIH Pengadilan Agama Putussibau


Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Kami dapat merealisasikan program Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Pengadilan Agama Putussibau yang dapat diakses melalui alamat http://jdih.pa-putussibau.go.id. Pelaksanaan pembangunan pusat jaringan informasi di bidang hukum ini didasarkan pada :

Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2005 tentang Sekretariat Mahkamah Agung Republik Indonesia :

  1. Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2007 tentang Pengesahan, Perundangan dan Penyebaran Peraturan Perundang-undangan.
  2. Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional.
  3. Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2001 tentang Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia.
  4. Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 033A/KMA/SK/II/2012 tentang Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Empat Lingkungan Peradilan.
  5. Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor MA/SEK/07/SK/III/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Mahkamah Agung Republik Indonesia.
  6. Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 014B/SEK/SK/II/2012 tentang Pembentukan Tim Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Empat Lingkungan Peradilan.

Pembangunan situs JDIH Pengadilan Agama Putussibau ini dimaksudkan untuk memberikan akses informasi yang lengkap dan cepat kepada publik di bidang hukum, sehingga penyebarluasan informasi menjadi lebih efektif dan efisien serta terdokumentasi dengan baik yang pada muaranya nanti dapat memberikan motivasi pelayanan Pengadilan Agama Putussibau kepada masyarakat lebih meningkat.

JDIH-Jakarta. Setelah Mahkamah Agung RI mengadakan Sosialisasi Pembentukan Dan Pengembangan Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Hukum (JDIH) Pada Mahkamah Agung RI dan 4 Lingkungan Peradilan Untuk Wilayah Propinsi Sumatera Selatan Dan Propinsi Lampung yang diselenggarakan di Hotel Sheraton Bandarlampung selama 3 hari (20-23 Nopember 2012), Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung melalui Tim Kreatif TI-nya langsung bergegas mengembangan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum pada websitenya.
Arief Hidayat salah seorang Tim Kreatif mengatakan, content JDIH ini sangat diperlukan sebagai perpustakaan digital khusus mengenai peraturan perundang-undangan, walaupun selama ini telah ada content Peraturan Perundang-undangan dalam website namun tidak selengkap dalam JDIH,.  Templatecontent JDIH kedalam website PTA Bandarlampung dikerjakan oleh tim kreatif selama 4 hari dengan pembenahan design, isi dan lain-lain, setelah mendapat restu Ketua dan Panitera/Sekretaris PTA Bandarlampung, maka launching content JDIH pada website PTA Bandarlampung dilakukan mulai hari senin tanggal 26 Nopember 2012, itupun baru soft launching karena masih harus upload peraturan-peraturan internal PTA di Bandarlampung, tambah Arief Hidayat.

Selengkapnya.....

JDIH-Tanjung Karang (22 November 2012). Menindak lanjuti Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung-RI Nomor 33A/SK/KMA/II/2012 dan Surat Keputusan Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung-RI Nomor 18/SK/BUA/II/2012 tentang Pelaksanaan Sosialisasi Pembentukan dan Pengembangan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) pada Mahkamah Agung-RI dan 4 (empat) lingkungan Peradilan dibawahnya, Biro Hukum dan Humas telah melaksanakan Sosialisasi Pembentukan dan Pengembangan JDIH bagi Panitera/Sekretaris dan Panitera Muda Hukum dari 4 (empat) lingkungan Peradilan wilayah hukum Propinsi Sumatera Selatan dan Propinsi Lampung dari tannggal 21 November 2012 sampai dengan 23 November 2012 di Tanjung Karang - Lampung.
 
Sosialisasi Pembentukan dan Pengembangan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum yang dilaksanakan di Tanjung Karang merupakan kegiatan sosialisasi ke 4 (empat), dari program kegiatan yang telah direncanakan tahun 2012, merupakan kelanjutan sosialisasi yang sebelumnya dilaksanakan di Yogyakarta, Balikpapan dan Padang.

Selengkapnya.....

JDI-Padang. Berkaitan dengan SK KMA No. 033A/KMA/SK/II/2012 tentang Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan Mahkamah Agung RI dan Empat Lingkungan Peradilan; dan SK KABUA No. 18/BUA/SK/II/2012.
 
Biro Hukum dan Humas mengadakan Sosialisasi Pembentukan dan Pengembangan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum MA RI dan Lingkungan Peradilan yang diselenggarakan di Padang dari tanggal 16 Juli 2012 sampai dengan 18 Juli 2012 yang dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung yang didampingi Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang serta Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Hukum BPHN Kementerian Hukum dan HAM-RI. Dengan sosialisasi pembentukan dan pengembangan JDIH tersebut ditekankan pada pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan peraturan perundang-undangan  dengan sistem jaringan dokumentasi dan informasi hukum yang akan dikelola oleh Panmud Hukum, sehingga ke depan diharapkan para Panmud Hukum dapat meningkatkan skill dan knowledge serta secara perlahan meninggalkan cara-cara konvensional dalam pendokumentasian bahan-bahan hukum. Untuk itu peningkatan keahlian SDM dalam bidang teknologi informasi menjadi isu penting.

Selengkapnya.....

Tim JDIH MA bersama sejumlah peserta kompetisi Open Government Indonesia (OGI) dan Kementerian/Lembaga mengunjungi kantor BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) senin 25/6 kemarin.

Kunjungan mana merupakan rangkaian kegiatan kompetisi OGI yang diselenggarakan oleh UKP4. BKPM dipilih sebagai objek kunjungan dikarenakan BPKM pada tahun lalu terpilih sebagai Peringkat 1 Institusi yang paling berintegritas atas dasar survei tahun 2011 yang dilakukan KPK.

Koordinator penyelenggara kompetisi berharap dengan kunjungan tersebut para peserta dapat memperoleh gambaran tentang Open Government, utamanya tentang transparansi dan pelayanan publik yang dilaksanakan BKPM. Kegiatan dimulai pukul 09.30 dan berakhor pada pukul 13.00 yang dipusatkan diruang Auditorium. Agenda kunjungan diawali dengan presentasi tentang pengalamannya dibidang Pelayanan Penanaman Modal. Selanjutnya seluruh peserta diajak berkeliling ke ruangan Direktur Pelayanan Aplikasi, Direktur Pelayanan Perizinan dan Direktur Pelayanan Fasilitas. Mengakhiri rangkaian kunjungan para peserta dilibatkan dalam game kreatif dengan hadiah yang cukup memuaskan. (Denny & Fajar)

Selengkapnya.....

Artikel yang lain...

Pencarian File

Cari Berdasarkan Nama File: 
Cari Berdasarkan Deskripsi File: 

Alamat Redaksi

Jalan D.I. Panjaitan No. 10 Putussibau - KALBAR
Telp. 0567-21087 - Fax. 0567-22004

Google Play Store

playstore

Jumlah Pengunjung

Ada 27912 Pengunjung